Senin, 06 Juni 2016

CARA MENGINSTAL DAN BERJUALAN DI PRESTASHOP

INSTALASI TOKO ONLINE

Jika kita sudah menyewa hosting dan membeli domain, kita bisa menginstal website di domain yang kita miliki. Pada buku ini sya akan menginstal toko online menggunakan script dari Prestashop. MEMBUAT DATABASE Sebelum menginstall script toko online, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat database. Caranya sebagai berikut: Buat database dan user database baru di hosting anda melalui cPanel pada menu mysql database. Sebelumnya login dulu ke
Pilih MySql Databases Wizard, isikan nama database, lalu klik Next Step.


Ketik nama database, nama user, dan passwordnya lalu klik Create.


- Langkah selanjutnya adalah mengubah “Previllages”. Klik nama database. 
- Klik modify My Previllages. 
- Ubah Grant menjadi Yes, kemudian klik Save. Jika tidak ada maka tidak perlu dirubah. 
- Jika sukses, akan ada pesan “Success. All privileges have been sent”. Kemudian klik logout.
Catatan: Sebaiknya Anda tidak menggunakan hosting gratisan karena kemungkinan tidak ada MYSQL Management. Selain itu juga, untuk meningkatkan kredibilitas toko online Anda. 

MENGUPLOAD FILE TOKO ONLINE PRESTASHOP
 Upload seluruh file di dalam folder prestashop yang telah di ekstrak tadi ke folder public_html/tokoanda dengan menggunakan FTP seperti filezilla, ws-ftp, cute-ftp atau lainnya. MENGINSTAL TOKO ONLINE PRESTAHOP Setelah semua file dan folder sukses di upload, silahkan akses url instalasi : http://domain-anda.com/tokoanda/install lalu klik menu NEXT.

Pada instalasi tahap berikutnya,
- Klik kanan di folder dan file yang diminta Prestashop untuk diubah pada saat instalasi lalu klik properties.
- Ubah angkanya menjadi 0777, dan centang set group, owner and permission recursively. Lalu klik OK.
Folder dan file Permission yang harus diubah bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Jika semua folder yang diminta sudah selesai kita ubah permissionnya, klik next pada web browser instalasi toko online Anda. 

Tahap selanjutnya adalah untuk database, sesuaikan dan isi kolom database dengan database dan user serta password seperti yang telah dibuat pada tahap MEMBUAT DATABASE Lalu Klik Verify now!


- Jika ada pesan database is connected isi nama table (tanpa spasi), kemudian klik Next.
Catatan: Pilihan “Configure SMTP manually (advanced users only)” tidak perlu dicentang dan tidak perlu “Send test e-mail”. Hal ini untuk menghindari kegagalan instalasi toko online Anda. Isi data yang diminta pada Shop Configuration.


- Delete “Folder Install” pada public_html
- Ubah nama folder admin menjadi apa saja (misalnya: kantorku, tokoku). Selesai.

KONFIGURASI TOKO ONLINE


Untuk itu kita perlu melakukan beberapa perubahan sesuai dengan toko yang kita inginkan. Caranya sebagai berikut.
1. Buka browser internet dan masuk ke Back Office Anda. Misalnya www.domaintokoanda.com/tokoku2012.
2. Klik Preferences.
3. Klik Appearance.
4. Klik Browse.
5. Pilih logo toko online Anda.
6. Klik Save.


KONFIGURASI HALAMAN DEPAN Informasi yang ditampilkan di halaman depan sangat membantu pengunjung untuk mengetahui apa saja yang kita jual. Untuk itu ubahlah supaya dapat menarik pengunjung untuk segera membeli produk Anda. Caranya sebagai berikut:
1. Klik Modules.
2. Pada bagian Tools – modules, klik configure pada Home Text Editor. Jika belum diinstal, maka tekan tombol install / pasangkan baru kemudian klik Configure.

2. Isi Main Title (akan tampil sebagai kalimat kedua di bawah homepage logo).
3. Isi Subheading (akan tampil sebagai kalimat kedua di bawah homepage logo).
5. Isi Introductory Text (akan tampil sebagai kalimat keempat mengenai toko kita

6. Klik Browse dan pilih file gambar untuk halaman depan toko Anda.
7. Isi Homepage logo link sesuai dengan website Anda. Misalnya http://www.indoislamicstore.com 8. Isi Homepage logo subheading (akan tampil sebagai kalimat pertama di bawah homepage logo). 9. Klik Update. Catatan: Jika tidak berhasil update editor, berarti ada file dan folder yang harus diubah permissionnya ke 0777. Permission yang harus diubah adalah: Editorial: file .tpl dan .xml Img: file homelogo.JPG
Jika sudah selesai, ubah kembali permission folder dan file tersebut dari 0777 ke 0644.
KONFIGURASI MATA UANG
 Jika target pasar kita kebanyakan dalam negeri, kita harus mengatur mata uang ke rupiah. Caranya sebagai berikut:
1. Masuk ke Payment.
2. Klik Currencies.
3. Klik Tambah.
4. Isi Currency:
Rupiah
5. Isi ISO code: IDR
6. Isi symbol: Rp
7. Isi conversion rate:
1
8. Pilih formatting:
X0.000,00
9. Pilih decimal mau dipakai atau tidak.
10. Pilih Blank pada pilihan check list (untuk menyisipkan spasi setelah symbol mata uang).
11. Klik Save.
12. Pada Currencies Options, pilih Rupiah sebagai mata uang default toko online Anda.
13. Klik Save.

KONFIGURASI BANK PEMBAYARAN 
Langkah berikutnya adalah memasukkan nomor rekening bank yang akan digunakan untuk transaksi.


1. Klik Payment. 
2. Klik tombol install pada Bank wire. 
3. Klik Configure. 
4. Isi Account owner dengan Nama pada akun Bank yang Anda pakai. 
5. Isi details dengan nama bank dan nomor rekening. 
6. Isi Bank Address dengan alamat bank tempat rekening Anda berada. 
7. Klik tombol Update Settings.



Catatan: Modul pembayaran bisa Anda tambahkan sendiri seperti BRI, BCA, BNI, dll. KONFIGURASI PENGIRIMAN (SHIPPING) Salah satu fasilitas toko online adalah biaya pengiriman yang otomatis ketika pembeli bertransaksi lewat cart/troli. Namun ini juga ada kelemahannya, yaitu kita harus memasuki tarif ekspedisi yang akan kita pakai (misalnya JNE) satu per satu. Tentu saja ini memakan waktu lama. Belum lagi kita harus memasukkan lagi tariff ketika berat produk lebih dari satu kg. Namun di akhir bagian modul ini, saya akan memberitahu rahasia simple untuk mengatasi masalah di atas. Jika Anda ingin mengisi data untuk modul pengiriman, ikuti langkah berikut secara berututan: 
1. Klik Shipping.
2. Klik Zones.

3. Klik Add New. Zone adalah kota atau kabupaten. Countries diisi sama dengan Zones. Misal kita isi kabupaten A, maka countries juga A untuk Zone A. States adalah untuk nama provinsi. 4. Klik Save. Ulangi untuk kota-kota tujuan pengiriman lainnya. Catatan: Jika Anda sudah punya dana, maka belilah modul Ongkir JNE untuk Shipping-nya. MEMASUKKAN JASA PENGIRIMAN Pelanggan di toko online Anda dapat memilih jasa pengiriman yang akan mereka gunakan. Mislakan, jasa pengiriman Pos Indonesia, Tiki, JNE, MEX, Dakota, dsb. Bisa juga menyertakan pengiriman Pesan Antar Bayar di Tempat (COD / Cash on Dleivery). Catatan: Pesan antar bayar di tempat disarankan hanya diberlakukan untuk pelanggan yang berada satu kota dengan kita. Hal inni untuk meminimalisir resiko jia pembeli tersebut menghilang atau tidak membayar. Cara memasukkan jasa pengiriman adalah sebagai berikut:
1. Klik Shipping > Carriers.
2. Klik Add new.
3. Isi nama Jasa Pengiriman pada kotak Company.
4. Browse logo jasa pengiriman di computer Anda lalu klik open.
5. Isi estimasi waktu dibutuhkan untuk pengiriman pada kolom transit time.
6. Pilih Zone wilayah pengiriman toko online Anda.
7. Status: Pilih yang lambing Checklist
8. Shipping & handling idem
9. Out-of-range behavior, pilih “Apply the cost of the highest defined range”.
10. Klik Save.
CARA MENENTUKAN BIAYA KIRIM Ada beberapa hal penting untuk menentukan biaya kirim: Jasa pengiriman yang digunakan Menentukan keliapatan berat pengiriman per kilogram Menentukan biaya pengiriman Menentukan kota mana saja yang melayani pengiriman Menentukan biaya pengiriman gratis mulai dari beberapa kilogram

Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Klik Weight ranges dan Add new.
2. Pilih Carrier: Nama jasa pengiriman yang sudah Anda buat pada Add new carrier.
3. From: 0.1
4. To: 1
5. Klik Save.
Ulangi sampai 10 Kg saja. Kalau mau sampai 1 ton juga bisa asalkan Anda punya waktu cukup.
6. Klik Shpping.
7. Pada kolom handling:
Handling charges: 0 Free shipping starts at: 0 Free shipping starts at: 1000 (Bisa diisi sebanyak mungkin agar memberikan gratis ongkos kirim mulai dari berat kilogram ini). Billing: pilih “According to total weight”. Klik tombol Save.
8. Pada Fees  Carrier: Pilih nama jasa pengiriman yang akan Anda input tariff kirimnya.
9. Isi harga biaya kirim ke masing-masing kota sesuai kelipatan berat.
10. Klik tombol Save.
Catatan: Pada bagian ini bisa Anda lewatkan seperti menggunakan solusi yang saya terapkan “Konfirmasi ongkir via SMS”. Jadi sangat membantu dan menghemat waktu jika kita hanya memberikan informasi tarif hanya setelah ada transaksi masuk dibanding kita Memasukkan semua data tarifnya. Ada juga cara lain yang bisa memberikan semua tariff secara otomatis, yaitu dengan cara memasang module Tarif dari pihak ketiga. Biaya untuk modul ini sekitar Rp 250 – 500 ribu. Tapi toko online saya memiliki modul ini mampu menyerap sekitar 70% buyer untuk belanja langsung lewat troli, sangat membantu meringankan pekerjaan kita pijit-pijit sms. KATALOG PRODUK
Sebelum memulai memasukkan produk-produk yang akan Anda jual via toko online, Anda harus menyimpan file gambar produk yang dibutuhkan nanti. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memasukkan produk:

1. Buat kategori.
2. Masukkan nama-nama produk.
3. Isi informasi produk yang akan ditampilkan.
4. Pilih gambar produk sebagai sampul halaman produk.
5. Isi diskon barang.
6. Isi SEO box untuk meningkatkan hasil ranking search engine terhadap toko online Anda.
7. Tip untuk menggunakan kombiasi pada produk catalog berguna untuk produk yang dijual dengan pilihan warna, ukuran, kombinasi perangkat, seperti baju, computer rakitan, dsb.




MEMBUAT KATEGORI PRODUK Kategori produk adalah pengelompokkan untuk berbagai produk yang sejenis. Waktu pertama kali ebook ini dibuat, di toko muslim online milik saya, ada kategori herbal, busana muslim, buku Islami, al-qur‟an dan tafsir. Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Klik Add new subcategory atau tambah subkategori baru.
2. Isi form pada kategori yang akan dibuat.
3. Parent category adalah kategorri induk. Misalnya bila Anda berbisnis pakaian, kategori induk bisa saja “Wanita” kemudian di dalam kategori wanita ada “Busana Muslim”, “Busana Kerja”, dll.
4. Meta title, description, dan keywords silakan diisi kata yang berhubungan dengan kategori yang Anda buat. Hal ini termasuk penting, apalagi Prestashop mendukung url-friendly. Ini sangat membantu website kita untuk keperluan Search Engine Optimization.
5. Klik tombol Save.
MENAMBAHKAN PRODUK Dalam menambahkan produk ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Informasi produk
2. Ketersediaan stock untuk produk tersebut
3. Harga modal
4. Harga jual
5. Pajak
6. Discount pembelian jumlah tertentu
7. Gambar produk
8. Spesifikasi lengkap
9. Tag
10. Harga promo atau obral
11. Meta title, meta descriptions, dan meta keywords untuk meningkatkan kemudahan search engine dalam menampilkan website toko online Anda pada mesin pencari.
12. Kombinasi produk (berguna untuk produk yang dijual dengan pilihan warna, ukuran, kombinasi perangkat seperti computer rakitan, gamis muslimah, dsb).
Berikut ini langkah menambahkan produk: 
1. Klik Tambah produk baru
 2. Masukkan informasi produk, berat, harga, dll. Isi nama produk pada Nama Pilih status enabled Pilih nama Manufaktur Isi Supplier (optional) Isi Refference (tidak harus diisi) Isi weight untuk menentukan berat barang
Yang nantinya akan menjadi dasar perhitungan Modul pengiriman. Saya pribadi tidak mengisi ini karena berat & ongkos kirim dilakukan manual agar lebih efektif waktu dan tepat. Isi harga modal pada Pre-tax wholesale price Isi harga jual Anda pada Pre-tax retail price



Pilih jenis pajak pada tax (optional) Jika Anda sedang obral atau promosi, isi nilai discount (bisa berdasar jumlah rupiah atau persentase discount) Klik display “On Sale” icon on product page and text on product listing jika Anda memang sedang menurunkan harga atau memberikan diskon Masukkan jumlah stok barang Displayed text when in-stock: Stok ada, atau silakan pesan Displayed text when allowed to be back-ordered: Stok habis, silakan klik wishlist. Jika stok Anda habis, orang akan tergerak untuk klik “wishlist” atau memasukkan permintaan untuk barang yang kosong, sehingga Anda akan mendapatkan informasi mengenai hal ini). When out of stock: Default: Tidak dapat memesan (Diset sebagai keterangan).
3. Tentukan di kategori mana produk Anda akan muncul. Untuk Default category, isikan dengan kategori yang lebih spesifik, jangan di bagian depan (Home). Hal ini untuk memunculkan produk dalam kategori yang sama di modul “Products Category”.


4. Isi penjelasan singkat produk Anda pada Short Description.

5. Isi penjelasan lengkap produk Anda pada Long description.
6. Klik tombol Save and Stay.
Tips: Untuk memudahkan halaman produk Anda memiliki ranking yang bagus di Search engine (Google, Yahoo, Bing, dsb) isilah kolom pada Meta Title, Description, Keywords, dan friendly url sesuai produk Anda. Jika kata-kata terlalu melenceng dari keseluruhan kata pada website Anda, search engine tidak akan melakukan pencarian (indexing) ke website Anda.


MENAMBAHKAN GAMBAR PRODUK 
Apalah artinya toko online yang murah, produk banyak, tapi tidak ada gambarnya. Kita harus jujur memberikan gambar yang sesuai dengan yang kita jual. Cara menambahkan gambar produk adalah sebagai berikut:
1. Klik Gambar/Images
2. Klik tombol Browse untuk memilih file gambar produk
3. Klik Gunakan sebagai Pembungkus Produk
4. Klik Simpan Gambar/Save Image



Anda dapat mengulangi langkah ini jika produk Anda berisi banyak gambar, misalnya gambar depan, belakang, atas, dan bawah. Atau untuk jenis baju misalnya ada model warna merah, biru, kuning, dsb. MENENTUKAN DISKON Anda dapat menentukan potongan penjualan (diskon) untuk pembelian jumlah tertentu. Biasanya hal ini diberlakukan untuk lebih menarik para pembeli terutama pembeli barang untuk dijual lagi (reseller).
1. Klik Discount
2. Pada product quantity, isilah berapa jumlah barang yang dibeli yang akan diberi discount.
3. Discount value untuk mengisi berapa jumlah rupiah atau nilai diskon berdaar persentase yang akan kita berikan untuk pembelian missal per 10 pcs.
4. Discount type untuk menentukan discount value itu berdasarkan jumlah (by amount) atau berdasarkan persentase.
5. Klik Add quantity discount.


6. Ulangi langkah tersebut jika masih ada diskon minimum pembelian yang diberikan.
7. Klik Back to list/catalog.
Catatan: Untuk pemberian diskon, toko saya menghitungnya secara manual. Banyak pembeli saya yang order grosiran sampai Rp 10 juta dengan produk campur-campur. Untuk keakuratan kami menghitungnya tidak dengan cara otomatis ini. Tapi cara di atas cukup efektif jika pelanggan membeli produk yang sama dalam jumlah 10, misalnya. Maka discount bisa kita langsung hitung dengan cara ini. Sekarang, masuk ke halaman utama website Anda dan lihatlah produk Anda sudah ditampilkan di halaman depan. Ulangi langkah-langkah di atas untuk membuat kategori dan produk lainnya. 
TIP MENAMBAHKAN KOMBINASI PADA PRODUK 

Untuk produk seperti busana yang memiliki ukuran dan warna, atau untuk computer yang memiliki kombinasi dengan menggabungkan beberapa perangkat misalnya, dapat kita atasi dengan menggunakan combination pada tab Katalog Produk. Dalam ebook ini saya berikan contoh untuk penjualan produk baju dengan kombinasi warna dan madu dengan kombinasi berat maka harga menjadi berbeda. Berikut ini adalah caranya:
1. Tentukan attribute group. Contoh: Warna, ukuran, rasa, isi, dsb.
2. Isi attribute untuk attribute group tersebut, Contoh: Biru (untuk grup warna), (untuk ukuran baju), Asesoris (untuk komponen), jasa modifikasi (untuk layanan).


3. Edit produk (atau create new jika memang produk belum dimasukkan ke toko online Anda).
4. Klik tab Combination

5. Pilih group (pilihan ini berasal dari Attribute Group yang Anda masukkan pada langkah nomor 1 di atas).
6. Pilih Attribute (pilihan ini berasal dari Attribute yang anda masukkan pada langkah ke 2 di atas) dan klik Add.

7. Pada Impact on Price
 Jika attribute kombinasi adalah hal yang bersifat tidak berpengaruh terhadap harga, lewatkan saja pilihan ini (nilai standard adalah None, 0.00)
 Jika attribute kombinasi berpengaruh ke harga, pilih “increase” dan isi nilai penambahan harganya.

8. Pada Impact on Weight, jika atribut kombinasi tersebut memang mempengaruhi berat, tambahkan sesuai berat barang tersebut.
9. Masukkan jumlah barang tersedia untuk kombinasi produk yang sedang Anda kerjakan.
10. Pada Image, pilh gambar atau foto untuk kombinasi produk ini (gambar atau foto dapat Anda tambahkan sebelumnya pada tab “image” di catalog produk yang sedang Anda input atau edit).
11. Make default attribute for this product maksudnya adalah jika Anda centang, pada toko online Anda yang akan ditampilkan adalah produk dengan kombinasi atribut tersebut.
Tips : Dalam memasukkan atribut selalu sediakan satu pilihan “-------“. Artinya, tanpa pilihan atribut, tidak mengubah harga display dan untuk mengantisipasi pelanggan Anda salah pilih warna atau kombinasi produk yang ditawarkan.
12. Klik Add this attribute dan ulangi lagi jika perlu menambahkan warna, ukuran, kombinasi paket dan sebagainya. Selamat mencoba!
Hasil tampilan dari produk yang menggunakan Kombinasi Produk


INFORMASI PENTING TOKO ONLINE ANDA Setelah toko siap, masih ada informasi yang harus Anda tambahkan untuk kemudahan saat melihat maupun melakukan transaksi di toko online Anda. Informasi penting itu, di antaranya:
1. Tentang kami
Berisi tentang informasi tentang toko online Anda. Sertakan alamat lengkap, nomor rekening, nomor telepon, ID yahoo messenger dan lainnya.
2. Syarat dan kondisi
Pada saat pelanggan melakukan proses order di toko online Anda, mereka diharuskan mencentang pilihan menyetujui syarat dan kondisi (seperti ilustrasi di bawah) dan proses ini menentukan validasi order di toko online Anda.


3. Cara belanja
Berikan informasi mengenai petunjuk cara belanja di toko online Anda. Secara garis besar informasi terkait adalah:
 Pilih barang yang akan dibeli

 Masukkan jumlah barang (Qty) yang akan dibeli
 Klik Add to Cart
 Lakukan hal yang sama seperti 3 point di atas jika masih ada barang yang akan dibeli, lanjutkan dengan klik tombol Check Out (Di webstore saya, “Ke Kasir”).
 Masukkan data-data Anda, seperti nama, alamat lengkap untuk pengiriman, no HP, dan lainnya yang penting untuk pengiriman.
 Pilih metode pengiriman dan pembayaran.
 Klik „I confirm my order‟.
4. Pengiriman
Berikan informasi pengiriman. Misalkan, daftar harga pengiriman, jasa pengiriman, lama waktu kirim, dsb.
5. Lain-lain
Anda juga dapat menambahkan informasi penting lainnya seputar kegiatan di toko online Anda. Misalnya Aspek legal terkait penggunaan gambar-gambar di website Anda. Jelaskan bahwa gambar dan logo adalah milik masing-masing produsen. Cara pendaftaran di toko online Anda. Bonus dan hadiah Testimony Dan sebagainya seperti webstore milik saya yang akan saya bahas pada paket ebook kedua.
Informasi penting toko online Anda akan sering dikunjungi oleh para calon pelanggan sebelum mereka melakukan order, apalagi orang yang awam atau belum pernah belanja online. Untuk membuat atau mengubah informasi penting tersebut, caranya sebagai berikut:
1. Masuk ke Tools
2. Klik CMS
3. Klik gambar pensil untuk salah satu CMS yang mau kita ubah, misalnya CMS “Tentang Kami”.


Add new jika Anda ingin menambahkan halaman penting yang belum ada sebelumnya. Misalnya menambahkan halaman informasi tentang kerjasama atau peluang bisnis, keuntungan menjadi member, promo berhadiah, dan sebagainya. Ingatlah bahwa tidak semua pengunjung toko online Anda melek internet. Banyak informasi yang bias kita berika tanpa mereka harus menelepon atau menanyakan kepada kita lewat sms/chatting. Dengan adanya halaman informasi yang lengkap, kita bias mendapatkan kepercayaan para calon pelanggan, dan binalah hubungan dengan pelanggan dengan pelayanan yang cepat, tanggap dan kalau perlu berikan bonus atau hadiah.
4. Isi semua kolom sesuai dengan informasi dan penjelasan yang Anda mau berikan kepada calon pelanggan atau pengunjung toko online Anda.
5. Isi Meta description, keywords, dan friendly URL. Jangan sepelekan ini. Saya sangat memperhatikan hal ini agar bias bersaing dengan toko online lainnya di mesin pencari.
6. Isi keterangan lengkap.
7. Klik tombol save.



Ulangi langkah tersebut untuk CMS Syarat dan kondisi, Cara Belanja, dan lain-lain. Jika perlu tambahkan CMS lainnya dengan klik Add new.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar